Rabu, 09 Februari 2011

analisis cerpen

Ketika Impian Patah
                            
 Oleh    : D. Indy Ridha. ZA

SINOPSIS

Lena adalah gadis manis yang mempunyai banyak impian akan tetapi ia memiliki satu impian yang amat ia inginkan yaitu bertemu dengan ayah kandungnya.Lena ditinggal ayahnya sejak ia berusia satu tahun, orang tuanya berpisah sejak itu Lina belum bertemu dengan ayah kandungnya itu. Sekarang ibu Lena telah menikah lagi dengan seorang pria yang baik, tetapi Lena  tetap berpikir hanya ayahnyalah orang yang paling baik dimatanya, walau banyak orang berkata ayah tirinya lebih baik dari ayah kandungnya.
Sore itu ketika Lena sedang memandangi foto ayahnya dikamar,tiba-tiba ibu memanggilnya untuk keluar menemui ibu diruang tamu, Lena pun bergegas untuk menemui ibu, ternyata ada  tante Rika yang ingin bertemu dengannya. Tante Rika adalah adik dari ayah kandung Lena ia pun tersenyum senang, tante Rika datang untuk memberi tahu kabar gembira karena ia akan menikah dan berharap Lena dan ibu bisa hadir di hari pernikahannya. Hari itu datang Lena datang dengan perasaan gembira karena ia berharap akan bertemu ayahnya di tempat itu, para tamu pun menghampiri tante Rika untuk memberi selamat, tiba-tiba seorang sosok pria menghampirinya dan menyebut namanya dengan lembut Lena tersenyum riang dan bertanya apakah ini ayah, pria itu menjawab aku paman Fandi kakak dari ayahmu nak, tak lama dari itu Lena diajak ke ruang tengah tempat keluarga ayah berkumpul dan sesosok pria menghampiri sambil berkata yang membuat Lena terdiam dan menghancurkan impian tentang ayahnya yang ia anggap baik, ternyata ayah kandung Lena tidak lebih baik dari ayah tirinya.

OPENING

Setiap anak akan beranggapan ayah adalah sesosok pahlawan yang akan selalu melindungi keluarga dan memberikan kasih sayang yang tulus kepada keluarganya. Akan tetapi banyak pula anak yang tidak bisa merasakan kasih sayang seorang ayah, karena hidup tidak selamanya indah, kadang senang dan terkadang pula sedih, tetapi itulah hidup yang harus tetap kita jalani dengan senang hati karena dibalik itu Tuhan telah memberikan yang terbaik dalam hidup kita.

ISI
Cerpen ini mengisahkan tentang seorang gadis yang bernama Lena ia mempunyai impian ingin bertemu dengan ayah kandungnya. Sejak ia berusia satu tahun ayah kandungnya pergi meninggalkan ia dan ibunya. Beberapa tahun lamanya ia tidak pernah bertemu dengan ayah kandungnya itu bahkan ia tak tahu sekarang rupa ayahnya seperti apa, ia hanya bisa memandangi foto ayahnya itu untuk mengobati rasa kangen karena ingin bertemu dengan ayanya itu. Kini usia Lena sudah 17 tahun, ia sangat berharap di usianya itu ia bisa bertemu dengan ayah kandungnya. Lena selalu membanggakan ayah kandungnya, walau banyak orang berkata bahwa ayahnya itu orang yang tidak baik namun Lena tetap membanggakan dan berpikir ayahnyalah orang terbaik di dunia ini. Setelah ayah dan ibu Lena berpisah tak lama ibu Lena menikah lagi dengan seorang pria baik hati hingga saat ini mereka bersama.
Sore itu Lena sedang asyik membayangkan dan membanggakan ayah kandungnya sambil memandangi fotonya di kamar tempat ia bercerita tentang ayah. Tak lama terdengar suara ibu memanggil Lena, ia pun bergegas menghampiri ibu, ternyata ada tamu yang ingin bertemu dengannya tamu itu ternyata tante Rika. Tante Rika adalah adik dari ayah kandungnya, kedatangannya itu  untuk memberi tahu kabar gembira karena tante Rika akan menikah. Lena sangat senang mendengar kabar itu ia pun berharap di acara tersebut ia dapat bertemu dengan ayah kandungnya itu. Hari itu tiba Lena,ibu dan ayah tirinya datang untuk menghadiri pesta pernikahan tante Rika, Lena sangat bahagia yang berharap dapat bertemu dengan ayahnya itu, ketika ia sedang menikmati acara tiba-tiba seorang pria yang menghampirinya sambil memanggil namanya, Lena tersenyum girang dan berpikir bahwa laki-laki itu adalah ayah kandungnya ketika ia bertanya “ayah” .....? pria itu menjawab “bukan Lena ini om Fandi kakak dari ayahmu,masih ingat kan ....?
Lena pun hanya tersenyum kecil sedikit kecewa mendengarnya,tetapi ia tidak larut dalam kekecewaannya karena salah memanggil orang dengan sebutan ayah ia tetap semangat untuk bertemu dengan ayahh kandungnya itu. Tidak lama kemudian Lena dipanggil oleh slah satu keluarga ayah untuk kumpul di ruang tengah bersama keluarga ayah yang lainnya, di sana banyak saudara-saudara ayah yang menyapa Lena sambil mencubit gemas pipinya sambil berkata “Lena sudah besar ya “ beberapa menit berlalu tiba-tiba ada sesosok laki-laki menghampiri Lena dan ibu sambil berkata “kamu kemari untuk meminta uang ya, aku sudah bilang kalau minta uang tidak usah menemuiku cukup kirim surat nanti pasti ku kirim” Lena pun terdiam bembisu karena tak menyangka sosok ayah yang selama ini ia puji dan banggakan ternyata berbeda dengan kenyataannya, ternyata ayah kandungnya itu orang yang begitu sinis dan memperlihatkan wajah tidak suka karena kedatangan Lena dan ibunya itu. Sejak saat itu Lena berpikir bahwa kasih sayang yang tulus tidak hanya di dapatdari ayah kandung saja,ayah tirinya pun bisa memberikan kasih sayang yang tulus yang tidak pernah ia dapatkan dari sosok ayah kandungnya itu. Setelah acara selesai Lena dan ibunya bergegas pulang, Lena pun pulang dengan sedikit rasa kecewa karena ayah kandungnya tidak sesuai dengan impian dan bayangannya selama ini,tapi Lena sadar ia masich memiliki ibu dan ayah tirinya yang selalu menyayanginya beserta saudara-saudara tirinya yang selalu ada melengkapi kegembiraannya di setiap hari-harinya.

CLOSING

    Hidup terkadang membuat kita bingung karena dalam hidup kadang kita senang kadang pula kita susah,tapi itulah hidup banyak yang tidak mungkin menjadi mungkin, seperti kisah Lena yang begitu berkeinginan besar untuk bertemu dengan ayah kandungnya dan membanyangkan bahwa ayah kandungnya itu akan lebih baik dari ayah tirinya dan mendapatkan kasih sayang yang tulus dari ayahnya itu, namun impian itu kini sirna karena sikap ayah kandungnya tidak sesuai dengan apa yang ia bayangkan selama ini, kita dapat membayangkan betapa kecewa dan hancur perasaan Lena yang mendapati kenyataan yang pamit karena ayahnya tidak mengharapkan kehadirangnya, tetapi Lena berbesar hati dan sabar menghadapi itu semua ia pun tetap menghormati ayah kandungnya dan tetap menjalani hidupnya seperti biasa dengan ibu,ayah tirinya dan saudara-saudaranya dengan bahagia. Kita patut mencontoh Lena yang berbesar hati dan kuat dalam menghadapi cobaan dalam hidupnya.  

Cerpen ini ceritanya sangat menyentuh sekali, bisa mengajak kita ikut masuk ke dalam cerita dan merasakan apa yang dirasakan oleh tokoh dalam cerpen tersebut. Namun menurut saya cerpen ini memiliki sedikit kekurangan contohnya dalam cerita hanya diceritakan keinginan Lena untuk bertemu dengan ayah kandungnya tanpa menceritakan asal usul ibu dan ayah tirinya serta anak dari ayah tirinya yang diceritakan hanya sedikit itu pun tidak jelas, akhir ceritanya pun kurang jelas. Alahkah baiknya tokoh dalam cerpen diceritan dengan jelas terlebih dahulu agar pembaca lebih mudah memahami cerita tersebut. Kita dapat mengambil hikmah dari cerita itu dan belajar untuk menjadi orang yang tegar dan sabar dalam menghadapi segala cobaan yang diberikan Tuhan kepada kita sebagai mahluk ciptaannya agar dapat menjadi orang yang lebih baik kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar